Ukuran Foto Visa Jepang: Background, Syarat, Kualitas Kertas

Ukuran Foto Visa Jepang – Saat berkunjung ke negara lain baik itu untuk keperluan liburan, mengunjungi saudara, kerja, belajar atau keperluan lainnya salah satu dokumen yang diperlukan yaitu Visa.

Lalu apa sebenarnya itu Visa? dikutip dari Indonesia.go.id, Visa merupakan suatu dokumen yang menjadi alat bukti diijinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara.

Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon. Salah satunya jika kamu akan berkunjung ke Negara Jepang, maka harus membawa Visa Jepang.

Ukuran Foto Visa Jepang

Jika kamu tertarik berkunjung ke Jepang maka Visa Jepang perlu dibuat terlebih dahulu.

Dikutip dari situs Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, untuk mengajukan permohonan pembuatan Visa Jepang, ada beberapa dokumen yang harus dilampirkannya.

Baca Juga Cara Edit Foto Jadi Ukuran 4×6

Adapun dokumen-dokumen tersebut yaitu meliputi:

  • Paspor
  • Mengisi formulir permohonan visa
  • Melampirkan pas foto baru berukuran 4,5 X 4,5 cm
  • Foto kopi eKTP
  • Foto kopi Kartu Mahasiswa atau Keterangan Belajar (untuk yang mahasiswa)
  • Bukti pemesanan tiket
  • Jadwal perjalanan
  • Foto kopi dokumen yang dapat menunjukkan hubungan dengan pemohon, berupa kartu keluarga, akta lahir dan pendukung lainnya. Jika pemohin lebih dari satu

Salah satu syarat untuk membuat Visa Jepang yaitu pas foto. Kamu harus menyiapkan pasfoto terbaru dengan ukuran 4,5 X 4,5 cm.

Foto tersebut yang nantinya digunakan untuk pembuatan Visa Jepang merupakan foto terbaru yang diambil 6 bulan terakhir.

Selain itu pas foto bukan hasil editing, tanpa latar (background polos) dan foto harus jelas atau tidak buram.

Baca Juga Cara Membuat Foto Ukuran Postcard

Background/Latar Belakang Foto Visa Jepang

Foto untuk visa Jepang yaitu harus full color (berwarna) dengan warna latar belakang, warna putih/mendekati putih atau warna terang lainnya.

Agar foto lebih jelas sebaiknya gunakan baju yang serasi dengan warna latar belakang foto (putih). Foto tidak diperbolehkan terdapat garis tepi.

Syarat Foto Untuk Visa Jepang

Pas foto yang nantinya digunakan untuk pengajuan permohonan Visa Jepang yaitu foto terbaru atau foto tersebut merupakan foto yang diambil 6 bulan terakhir.

Jika foto yang akan digunakan merupakan foto yang umurnya lebih dari 6 bulan sebaiknya lakukan pengambilan foto kembali.

Pas foto yaitu harus tampak muka 80% dari spesifikasi ukuran foto. Foto harus jelas, terang dan diambil dengan warna latar belakang putih atau warna terang lainnya.

Saat melakukan pengambilan foto, yaitu muka harus sejajar dengan kamera. Ekspresi saat pengambilan foto netral, tidak tersenyum, tidak cemberut dan mulut dalam keadaan tertutup.

Untuk yang memiliki gangguan kesehatan mata seperti halnya mata minus ataupun mata plus maka dapat diperbolehkan menggunakan kacamata selama mata terlihat jelas.

Kualitas Kertas Untuk Cetak Foto Visa

Adapun jika kamu akan cetak foto yang nantinya digunakan untuk syarat pembuatan Visa Jepang, yaitu tidak diperbolehkan dengan menggunakan sembarangan kertas.

Kertas yang digunakan untuk cetak foto Visa Jepang yaitu kertas standar foto yang umumnya digunakan untuk cetak foto.

Untuk hasil cetak foto tidak diperbolehkan ada bayangan, bercak tinta foto dan foto tersebut tidak boleh diedit.

Baca Juga Ukuran Foto Buku Nikah

Jenis Visa Jepang

Selain ukuran foto visa Jepang, yang lebih penting untuk diketahui yaitu jenis Visa Jepang itu sendiri.

Ada bebera jenis Visa Jepang dengan dengan syarat dan ketentuan yang berbeda dari setiap visa jenis kunjungan saat akan datang ke Negara Jepang.

  • Visa Kunjungan Sementara (Tujuan Kunjungan Keluarga, Teman, Wisata, Bisnis)
  • Visa Khusus (Visa Pelajar/ Bekerja/ Pelatihan/ Menetap dalam jangka waktu tertentu)
  • Visa Khusus (“Pekerja Berketrampilan Spesifik/ Special Skilled Worker” (Visa Tokutei Ginou))
  • Visa Transit
  • Visa Single Entry Untuk Tujuan Group Tour Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) Yang Diselenggarakan Oleh Travel Agent Yang Ditunjuk

Nah, itulah ukuran pas foto yang digunakan untuk pembuatan Visa Jepang. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi kamu yang akan berkunjung ke Jepang ataupun untuk yang memiliki bisnis travel.


Tinggalkan komentar