Ukuran Foto Buku Nikah, Warna Latar Belakang & Warna Baju

Ukuran Foto Untuk Buku Nikah – Menikah! Merupakan anjuran bagi setiap insan satu sama lain yaitu untuk pasangan laki-laki dan wanita yang sudah siap umur, jiwa dan raga.

Sebelum melangsungkan acara pernikahan ada beberapa tata cara yang harus dipatuhi sehingga pernikahannya dicatat oleh negara dan sah menurut agama.

Mungkin kelihatannya terkesan ribet, namun itulah aturan yang harus diikuti oleh setiap orang yang akan melangsungkan acara pernikahan.

Persyaratan Umum Menikah

Jika kamu salah satu yang sedang mempersiapkan untuk acara pernikahan ada beberap persyaratan yang umum dilakukan dan menyerahkan beberapa dokumen penting ke KUA, diantaranya yaitu.

  1. Melakukan pendaftaran ke KUA diwilayahmu
  2. Surat pengantar nikah dari kelurahan atau kepala desa sesuai dengan KTP/domisili
  3. Melampirkan beberapa lembar fotokopi KTP
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) calon pengantin juga wali dan 2 orang saksi
  5. Fotokopi akta kelahiran dan ijazah terakhir
  6. Surat pernyataan belum menikah bermaterai
  7. Pas foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 4 lembar
  8. Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

Dari dokumen-dokumen tersebut semuanya penting dan harus dilampirkan ke KUA yang ditunjuk saat akan melangsungkan acara pernikahan, salah satunya yaitu mengenai pas foto yang harus dilampirkan.

Foto tersebut, salah satunya nantinya akan digunakan untuk pembuatan buku nikah. Nah, saat menyerahkan foto untuk buku nikah jangan salah ukuran dan sebaiknya memberikan foto yang terbaik.

Hal ini mengingat buku nikah ini cukup penting dan biasanya seseorang jarang yang melakukan pengajuan untuk mengubah buku nikah.

Ini bukan bearti buku nikah tidak dapat diubah! seseorang dapat mengubah buku nikah dengan mendatangi KUA dan melengkapi sejumlah dokumen.

Contoh dan Ukuran Foto Untuk Buku Nikah

Pas foto yang dilampirkan saat mengajukan atau mendaftarkan dokumen pernikahan di KUA ada 2 (dua) ukuran yaitu ukuran foto 2×3 dan 3×4.

Pas foto 2×3 sebanyak 4 lembar dan 2 lembar untuk ukuran foto 3×4.

Baca Juga Ukuran Foto Untuk Persyaratan KIA

Contoh Foto Untuk Buku Nikah

Nah, berikut ini empatdio lampirkan beberapa contoh ukuran foto dan buku nikah. Silahkan bandingkan sendiri sehingga saat melampirkan foto untuk pengajuan syarat nikah melalui KUA tidak akan salah.

contoh foto untuk buku nikah
pas foto Kevin Liliana dan Oskar Mahendra

Ukuran Foto di Konversi Ke Satuan mm, cm dan inci

Mengenai ukuran foto tersebut sudah diatur oleh standar internasional, terlebih lagi foto tersebut nantinya akan digunakan untuk dokumen formal seperti untuk syarat pernikahan, pembuatan KTP, SKCK, paspor dan dokumen penting lainnya.

Ukuran foto seperti 2×3, 3×4, 4×6 dan ukuran foto lainnya jika dikonversi kedalam satuan mm, cm dan inci memiliki nilai yang berbeda.

Untuk lebih mudahnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Ukuran Pas Foto 2×3

SatuanLebar (width) x tinggi (height) foto 2×3
mm21.6 x 27.9 mm
cm2.16 x 2.79 cm
inci0.85 x 1.11 inci

Ukuran Pas Foto 3×4

SatuanLebar (width) x tinggi (height) foto 3×4
mm27.9 x 38.1 mm
cm 2.79 x 3.81cm
inci 1.11 x 1.50 inci

Warna Foto Untuk Buku Nikah

Mengenai warna background foto dan warna baju saat sesi pemotretan yang nantinya akan diserahkan ke KUA, sebaiknya sesuaikan dengan aturan yang ada.

Adapun warna background foto yang diperbolehkan atau dianjurkan untuk dipakai dalam pas foto buku nikah adalah warna biru.

Sedangkan untuk warna baju sesuikan dengan warna latar belakang sehingga hasil fotonya akan lebih serasi.

Adapun warna baju yang serasi dengan warna latar belakan biru dan banyak direkomendasikan yaitu:

  • Warna Mustard
  • Warna Putih
  • Warna Soft Pink
  • Warna Abu-Abu
  • Warna Nude
  • Warna Hitam

Baca Juga Daftar Harga Cetak Foto dan Ukurannya

Tips Membuat Foto Untuk Buku Nikah

Saat membuat atau sesi pemotretan, yang nantinya foto tersebut digunakan untuk lampiran persyaratan di KUA ada baiknya lakukan pemotretan di studio foto dengan kondisi badan yang fit.

Lakukan pemotretan dengan tampil yang menarik dengan wajah menghadap ke kamera sehingga hasil foto akan lebih baik lagi.

Selain melakukan pengabilan foto di studio foto kamu juga dapat melakukannya sendiri dengan kamera hp ataupun dengan kamera khusus foto, namun jika dirasa hasilnya kurang memuaskan lakukan pemotretan di sudio foto terdekat.


Tinggalkan komentar