Cara Mengubah Ukuran Foto 3×4 di Word

Cara Mengubah Ukuran Foto 3×4 di Word – Pas Foto 3×4 merupakan salah satu ukuran foto yang sering digunakan oleh seseorang untuk keperluan formal.

Misalnya saja untuk melengkapi surat lamaran kerja ataupun dokumen lainnya. Jika akan print ukuran foto tersebut tentunya ukuran foto harus diubah terlebih dahulu.

Jika cetak foto ataupun print foto di studio foto ataupun tempat cetak foto terdekat tentunya tinggal bilang saja ke pemilik/karywan akan cetak ukuran foto demikian, lalu akan di cetak sesuai dengan permintaan. Beda lagi jika ingin cetak foto sendiri tentunya harus mengubah ukuran foto terlebih dahulu.

Cara Mengubah Ukuran Foto 3×4 di Word

Mengubah ukuran foto dapat dilakukan dengan menggunakan software yang terdapat di komputer/laptop, salah satunya dengan menggunakan program Microsoft Word.

Ms Word bukan hanya program pengolahan data saja, jika dapat menggunakannya dapat untuk mengatur ukuran foto. Selanjutnya jika sudah dirubah dapat langsung di print atau cetak.

Ukuran Foto 2×3, 3×4 dan 4×6 Dalam Satuan cm

Sebelum lanjut ke tutorial ada baiknya mengetahui terlebih dahulu ukuran foto 3×4 jika di konversi ke dalam satuan cm.

Untuk ukuran foto standard 3×4 jika di konversi ke dalam satuan cm tidak berati 2 cm x 3 cm melainkan memiliki ukuran yang sebenarnya yaitu 3,8 cm x 2,8 cm.

Ukuran foto ini sudah diatur oleh standard internasional, jadi semua negara mengikuti aturan tersebut. Sedangkan untuk ukuran lainya dapat di simak pada tabel berikut ini.

Ukuran FotoHeightWidht
2×32,7 cm2 cm
3×43,8 cm2,8 cm
4×65, 6 cm3, 8 cm

Diatas merupakan tabel ukuran foto yang sering digunakan untuk keperluan formal seperti pembuatan KTP, Paspor, SKCK, Ijazah, dll. Untuk ukuran foto lainnya dapat di simak pada artikel Ukuran Pas Foto 4×6, 2R, 4R, 8R, 10R, 12R, 14R, 20R, 30R.

Langkah-Langkah Cara Edit Ukuran Foto di MS Word

edit ukuran foto di word
  1. Hidupkan komputer/laptop, lalu buka program Microsoft Word
  2. Klik Insert, klik Picture lalu klik This Device
  3. Pilih foto atau gambar yang akan di ubah ukurannya, selanjutnya klik Insert
  4. Klik tombol sebelah kanan mouse tepat pada foto yang akan di ubah, akan tampil po up menu. klik Size and Position (lihat gambar diatas)
  5. Pada bagian scale hilangkan centang Lock aspectratio dan Relative to original picture size
  6. Pada tab Size ubah ukuran Height dan Width sesuai dengan ukuran foto yang diinginkan, lalu kilik Ok
ukuran foto 3x4 ms word

Penutup

Bagiamana mudah bukan? Utuk mengubah ukuran foto selain 3×4 di Ms Word caranya sama saja. Tutorial diatas dilakukan menggunakan Microsoft Word versi 2016, untuk versi lainnya seperti 2007, 2008, 2019 caranya kurang lebih sama saja.

Diatas merupakan salah satu metode saja untuk mengubah ukuran foto, selain dengan Ms Word dapat juga dilakukan dengan menggunakan software Paint, Corel Draw, Photoshop ataupun dengan tools online.

Jika menggunakan ponsel dapat menggunakan aplikasi edit foto yang dapat di unduh di Google Play Store.